All for Joomla All for Webmasters

Pesona Wisata Barru Semua Ada

pariwisatabarru@gmail.com
0427 - 21014
default-logo

  • KEPALA DINAS

    Kepala Dinas mempunyai tugas membantu Bupati dalam memimpin dan melaksanakan urusan pemerintahan bidang Pariwisata yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Pemerintah Daerah.

      1. perumusan pelaksanaan kebijakan teknis di bidang Pariwisata;
      2. perumusan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan kesekretariatan yang menunjang tugas organisasi;
      3. pelaksanaan administrasi Dinas; dan
      4. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait tugas dan fungsinya.

      1. menyusun kebijakan, merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan dan mengendalikan penyelenggaraan kebijakan serta menyusun RenstraDinas sesuai dengan visi dan misi daerah;
      2. merumuskan program kerja sesuai RenstraDinas;
      3. mengkoordinasikan pelaksanaan program dan kegiatan lingkup Dinas;
      4. membina Sekretaris dan para Kepala Bidang dalam melaksanakan tugasnya;
      5. mengarahkan pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Dinas;
      6. menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Dinas;
      7. memecahkan masalah dalam pelaksanaan tugas pokok organisasi agar senantiasa berjalan optimal;
      8. mengevaluasi pelaksanaan tugas pokok organisasi agar senantiasa sesuai dengan rencana dan target yang ditetapkan;
      9. melaporkan dan memberi saran kepada atasan terkait capaian pelaksanaan tugas pokok organisasi;
      10. melaksanakan pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang Pariwisata;
      11. menyelenggarakan kebijakan teknis di bidang Pariwisata;
      12. menyelenggarakan pembinaan dan pelayanan umum di bidang Pariwisata berdasarkan kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah;
      13. mengkoordinasikan penyelenggaraan tugas pembinaan pada Kesekretariatan agar tercipta sinkronisasi kebijakan penyelenggaraan tugas lingkup Dinas;
      14. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Kepala Dinas dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
      15. menyelenggarakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan baik lisan maupun tertulis sesuai dengan bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

  • SEKRETARIS DINAS

    Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapan bahan dalam rangka penyelenggaraan dan koordinasi pelaksanaan subbagian perencanaan dan kepegawaian, umum dan keuangan serta memberikan pelayanan administrasi dan fungsional kepada semua unsur dalam lingkungan Dinas Pariwisata berdasarkan pedoman yang ada untuk kelancaran tugas

      1. perumusan kebijakan teknis, pemberian dukungan, pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang Program;
      2. perumusan kebijakan teknis, pemberian dukungan, pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang Keuangan;
      3. perumusan kebijakan teknis, pemberian dukungan, pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang umum dan Sumber Daya Manusia;

      1. merencanakan operasional kegiatan tahunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
      2. membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
      3. memberi petunjuk kepada bawahan terkait perumusan kebijakan, operasionalisasi dan pelaporannya;
      4. menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Sekretariat;
      5. mengatur pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Sekretariat;
      6. mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan dalam lingkup Sekretariat;
      7. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Sekretaris dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
      8. merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan dan mengendalikan serta menetapkan kebijakan di bidang program, keuangan, dan Umum dan Sumber Daya Manusia;
      9. mengelola dan mengkoordinasikan pelaksanaan pelayanan teknis dan administratif kepada seluruh satuan organisasi dalam lingkup Dinas Pariwisata;
      10. mengelola dan mengkoordinasikan pelaksanaan urusan umum dan Sumber Daya Manusia;
      11. mengelola dan mengkoordinasikan pelaksanaan urusan Program;
      12. mengelola dan mengkoordinasikan pelaksanaan urusan keuangan;
      13. mengkoordinasikan penyiapan bahan dan penyusunan RKA, DPA, LAKIP, RENSTRA dan RENJA dan/atau dokumen perencanaan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
      14. menginventarisir permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan kesekretariatan dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;
      15. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

    SUB BAGIAN PROGRAMSUB BAGIAN KEUANGANSUB BAGIAN UMUM DAN SUMBER DAYA MANUSIA
    Dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapan bahan, menghimpun,mengelola dan melaksanakan administrasi urusan program, melakukan pembinaan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan program dan pelaporan berdasarkan pedoman yang ada untuk kelancaran tugas.

      1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang program;
      2. pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di bidang program;
      3. pembinaan dan pengkoordinasian pelaksanaan tugas di bidang program; dan
      4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

      1. merencanakan kegiatan dan jadwal operasional tahunan serta penganggaran Dinas Pariwisata sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
      2. membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
      3. menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Subbagian;
      4. memeriksa hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Subbagian;
      5. mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Subbagian;
      6. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Subbagian program dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
      7. menghimpun dan mempersiapkan bahan penyusunan laporan di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang;
      8. mengkoordinasikan pelaksanaan perencanaan program dan kegiatan, dan pelaporan DinasPariwisata;
      9. menginventarisir permasalahan-permasalahan pelaksanaan program kegiatan;
      10. melaksanakan penyiapan bahan dan penyusunan RKA, DPA, LAKIP, RENSTRA, RENJA dan/atau dokumen perencanaan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
      11. melakukan pengumpulan data realisasi capaian kinerja bulanan;
      12. melakukan pengolahan data laporan capaian kinerja triwulan, semester;
      13. melakukan pengolahan data LAKIP SKPD;
      14. melakukan pengolahan data revisi anggaran untuk kebutuhan rencana kerja tahunan SKPD;
      15. membuat laporan hasil pelaksanaan tugas; danmelakukan tugas kedinasan lain yang perintahkan oleh atasan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

    Dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian  mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan administrasi keuangan atau penatausahaankeuangan meliputi pengelolaan urusan penyusunan anggaran, verifikasi, perbendaharaan, pembukuan, dan pelaporan keuangan berdasarkan peraturan yang ada untuk kelancaran tugas.

      1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang keuangan;
      2. pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di bidang keuangan;
      3. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang keuangan; dan
      4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

      1. merencanakan kegiatan dan jadwal operasional tahunan serta penganggaran Dinas Pariwisata sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
      2. membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
      3. menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Subbagian;
      4. memeriksa hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Subbagian;
      5. mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Subbagian;
      6. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Subbagian keuangan dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
      7. membuat daftar usulan kegiatan;
      8. membuat daftar gaji dan melaksanakan penggajian;
      9. menyiapkan proses administrasi terkait dengan penatausahaan keuangan daerah sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
      10. melaksanakan perbendaharaan keuangan;
      11. mengkoordinasikan penyusunan rencana anggaran untuk periode lima tahunan dan tahunan;
      12. mengelola dan melaksanakan verifikasi anggaran;
      13. mengelola dan melaksanakan pembukuan dan pelaporan keuangan;
      14. melaksanakan pengendalian tugas pembantu pemegang kas;
      15. melakukan tugas kedinasan lain yang perintahkan oleh atasan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

    Dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapan bahan, menghimpun mengelola dan melaksanakan administrasi, urusan ketatausahaan Badan meliputi pengelolaan urusan rumah tangga, surat menyurat, kearsipan, protokol, perjalanan dinas, tatalaksana, perlengkapan, kepegawaian dan tugas umum lainnya berdasarkan pedoman yang ada untuk kelancaran tugas

      1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang umum danSumber Daya Manusia;
      2. Pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di bidang umum danSumber Daya Manusia;
      3. Pembinaan dan pengkoordinasian pelaksanaan tugas di bidang umum dan Sumber Daya Manusia;
      4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

      1. Merencanakan kegiatan tahunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
      2. Membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
      3. Menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Subag;
      4. Memeriksa hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Subag;
      5. Mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Subag;
      6. Menyusun laporan dan memberi saran kepada atasan terkait pelaksanaan tugas;
      7. Mengeloladan melaksanakan urusan rumah tangga dan surat menyurat;
      8. Mengeloladan melaksanakan urusan kearsipan;
      9. Mengeloladan melaksanakan urusan keprotokoleran dan perjalanan dinas;
      10. Mengeloladan melaksanakan urusan ketatalaksanaan;
      11. Mengeloladan melaksanakan urusan perlengkapan;
      12. Mengeloladan melaksanakan urusan kepegawaian;
      13. Mengeloladan melaksanakan urusan umum lainnya;
      14. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas;
      15. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

  • BIDANG PENGEMBANGAN DESTINASI DAN INDUSTRI WISATA

    Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata dipimpin oleh seorang Kepala Bidang, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan perumusan kebijakan teknis, memberikan dukungan atas penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di bidangPengembangan Destinasi dan Industri Pariwisataberdasarkan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas.

      1. merencanakan operasional kegiatan tahunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
      2. membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
      3. memberi petunjuk kepada bawahan terkait perumusan kebijakan, operasionalisasi dan pelaporannya;
      4. menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Bidang;
      5. mengatur pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Bidang;
      6. mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan dalam lingkup Bidang;
      7. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisatadan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
      8. melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dengan kabupaten/kota, instansi terkait, stakeholder pariwisata dalam pengembangan sumber daya wisata alam dan budaya;
      9. melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dan pusat dalam rangka kebijakan dan Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW);
      10. Koordinasi dengan stakeholder, usaha pariwisata, PHRI, ASITA, PUTRI,dll ;
      11. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan baik lisan maupun tertulis sesuai dengan bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

      1. menyusun rencana kegiatan bidang Pengelolaan Destinasi Kepariwisataan berdasarkan kebijakan di Dinas;
      2. mengkoordinasi para kepala seksi dalam pelaksanaan program Pengelolaan Destinasi Kepariwisataan;
      3. memberi petunjuk kepala kepala seksi dan bawahan dalam pelaksanaan tugas sub bidang Pengelolaan Destinasi Kepariwisataan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku;
      4. memantau, mengevaluasi dan menilai hasil kerja kepala seksi dan bawahan dalam pelaksanaan tugas untuk pembinaan karier;
      5. penyusunan laporan kegiatan di bidang tugasnya;
      6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai tugas dan fungsinya.

    SEKSI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA SEKSI INDUSTRI PARIWISATA
    Dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapanbahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di seksiPengembangan Obyek Wisata.

      1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Pengembangan Obyek Wisata ;
      2. pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di bidang Pengembangan Obyek Wisata ;
      3. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang Pengembangan Obyek Wisata .; dan
      4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

      1. merencanakan kegiatan Pengembangan Obyek Wisata sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
      2. membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
      3. menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      4. memeriksa hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      5. mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      6. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Pengembangan Obyek Wisata dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
      7. menyiapkan bahan perumusan kebijakan di bidang Pengembangan Obyek Wisata ;
      8. melaksanakan kebijakan di bidang Pengembangan Obyek Wisata;
      9. melaksanakan pembinaan obyek wisata, atraksi wisata dan rekreasi hiburan umum;
      10. meningkatkan dan mengembangkan sarana prasarana obyek wisata, atraksi wisata dan rekreasi hiburan umum;
      11. menyiapkan bahan koordinasidalam rangka peningkatan dan pengembangan obyek wisata, atraksi wisata dan rekreasi hiburan umum;
      12. memberikan rekomendasi/ pertimbangan pemberian ijin di bidang obyek wisata, atraksi wisata dan rekreasi hiburan umum;
      13. mengembangkan, mensosialisasikan, menerapkan dan mengawasi standarisasi obyek wisata, atraksi wisata dan rekreasi hiburan umum;
      14. melakukan tugas kedinasan lain yang di perintahkan oleh atasan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;


    Dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di seksiIndustri Pariwisata

      1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Industri Pariwisata ;
      2. pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di bidang Industri Pariwisata;
      3. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang Indusstri Pariwisata; dan
      4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

      1. merencanakan kegiatan Industri Pariwisata sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
      2. membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
      3. menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      4. memeriksa hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      5. mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      6. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Industri Pariwisata. dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
      7. menyiapkan bahan perumusan kebijakan di bidang Industri Pariwisata;
      8. melaksanakan kebijakan di bidang Industri Pariwisata ;
      9. melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dengan pelaku usaha industri pariwisata untuk pembinaan teknis dan evaluasi di bidang fasilitasi usaha dan pelayanan wisata ;
      10. melaksanakan dan menyiapkan bahan pembinaan terhadap pelaku usaha pariwisata di Kabupaten mengenai standarisasi, norma, kriteria, diversifikasi, kemudahan usaha pariwisata;
      11. melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dengan stakeholder, usaha pariwisata, PHRI, ASITA, PUTRI dll ;
      12. melaksanakan pembinaan terhadap usaha, jasa dan tenaga kerja pariwisata;
      13. memberikan rekomendasi/ pertimbangan atas pemberian ijin di bidang akomodasi, rumah makan dan kafe ;
      14. melakukan tugas kedinasan lain yang di perintahkan oleh atasan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

  • BIDANG PEMASARAN DAN PROMOSI

    Dipimpin oleh seorang Kepala Bidang, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan perumusan kebijakan teknis, memberikan dukungan atas penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di bidangPemasaran dan Promosi berdasarkan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas.

      1. perumusan kebijakan teknis, pemberian dukungan, pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang pengolahan Pemasaran dan Promosi ;
      2. perumusan kebijakan teknis, pemberian dukungan, pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang layanan Pemasaran dan Promosi ;
      3. perumusan kebijakan teknis, pemberian dukungan, pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang pengembangan Pemasaran dan Promosi ;
      4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

      1. merencanakan operasional kegiatan tahunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
      2. membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
      3. memberi petunjuk kepada bawahan terkait perumusan kebijakan, operasionalisasi dan pelaporannya;
      4. menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Bidang;
      5. mengatur pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Bidang;
      6. mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan dalam lingkup Bidang;
      7. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Bidang Pemasaran dan Promosi dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
      8. pelaksanaan koordinasi dengan Kabupaten/Kota dan stakeholder dan lembaga-lembaga pariwisata untuk pengembangan pasar;
      9. Perumusan segmen pasar dalam dan luar negeri dan strategi pemasaran
      10. penyiapan bahan-bahan informasi pariwisata sebagai sarana promosi pariwisata
      11. Pelaksanaan promosi potensi pariwisata di dalam dan luar negeri;
      12. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan baik lisan maupun tertulis sesuai dengan bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

    SEKSI PROMOSI DAN PAMERAN SEKSI DAYA TARIK WISATA
    Dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di seksi Promosi dan Pameran ;

      1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Promosi dan Pameran ;
      2. pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di bidang Promosi dan Pameran ;
      3. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang Promosi dan Pameran ; dan
      4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

      1. merencanakan kegiatan Promosi dan Pameran sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
      2. membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
      3. menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      4. memeriksa hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      5. mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      6. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Promosi dan Pameran dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
      7. menyiapkan bahan perumusan kebijakan di bidang Promosi dan Pameran;
      8. melaksanakan kebijakan di bidang Promosi dan Pameran;
      9. melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dengan Kabupaten/Kota, stakeholder di bidang bahan informasi, strategi pemasaran, prosedur dan pedoman sebagai bahan promosi pariwisata di dalam dan luar negeri;
      10. melaksanakan dan menyiapkan bahan dan melengkapi standar administratif serta dokumen-dokumen dalam pelaksanaan promosipariwisata;
      11. melaksanakananalisa pasar untuk promosi dan pemasaran pariwisata;
      12. menyiapkan bahan promosi, informasi wisata dan bimbingan wisata;
      13. melaksanakan promosi, informasi wisata dan bimbingan wisata;
      14. menyiapkan bahan kerjasama dan menyiapkan bahan koordinasi dalam rangka promosi, informasi wisata dan bimbingan wisata;
      15. mengembangkan sarana promosi melalui pemanfaatan teknologi informasi;
      16. melakukan tugas kedinasan lain yang di perintahkan oleh atasan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

    Dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di seksiDaya Tarik Wisata ;

      1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Daya Tarik Wisata ;
      2. pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di bidang Daya Tarik Wisata;
      3. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang Daya Tarik Wisata; dan
      4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

      1. merencanakan kegiatan Seksi Daya Tarik Wisata sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
      2. membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
      3. menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      4. memeriksa hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      5. mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      6. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Daya Tarik Wisata dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
      7. menyiapkan bahan perumusan kebijakan di bidang Daya Tarik Wisata ;
      8. melaksanakan kebijakan di bidang Daya Tarik Wisata ;
      9. melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dan pusat dalam rangka kebijakan dan Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW);
      10. menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis, serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan Daya Tarik Wisata sebagai pedoman dan landasan kerja;
      11. melaksanakan dan menyiapkan bahan bimbingan teknis dan evaluasi di bidang diversifikasi dan revitalisasi produk Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW);
      12. melakukan tugas kedinasan lain yang di perintahkan oleh atasan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

  • BIDANG PENGEMBANGAN INVESTASI DAN SUMBERDAYA

    Bidang Pengembangan Investasi dan Sumberdaya dipimpin oleh seorang Kepala Bidang, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan perumusan kebijakan teknis, memberikan dukungan atas penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di bidangPengembangan Investasi dan Sumberdayaberdasarkan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas.

      1. perumusan kebijakan teknis, pemberian dukungan, pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang pengolahan Pengembangan Investasi dan Sumberdaya ;
      2. perumusan kebijakan teknis, pemberian dukungan, pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang layanan Pengembangan Investasi dan Sumberdaya ;
      3. perumusan kebijakan teknis, pemberian dukungan, pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang pengembangan Pengembangan Investasi dan Sumberdaya ;
      4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

      1. merencanakan operasional kegiatan tahunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
      2. membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
      3. memberi petunjuk kepada bawahan terkait perumusan kebijakan, operasionalisasi dan pelaporannya;
      4. menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Bidang;
      5. mengatur pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Bidang;
      6. mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan dalam lingkup Bidang;
      7. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Investasi dan Sumberdayadan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
      8. mengembangkan profesionalisme sumber daya manusia dan daya saing SDM kepariwisataan;
      9. memfasilitasi kegiatan investasi kepariwisataan ;
      10. meningkatkan hubungan kemitraan dengan stakeholder keperiwisataan;
      11. mendorong terlaksananya pembentukan kelembagaan kepariwisataan didaerah untuk pengembangan kepariwisataan
      12. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan baik lisan maupun tertulis sesuai dengan bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

    SEKSI PENGEMBANGAN INVESTASI DAN SUMBERDAYA PARIWISATA SEKSI KEMITRAAN DAN KELEMBAGAAN PARIWISATA
    Dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di seksi Pengembangan Investasi dan Sumberdaya Pariwisata

      1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Pengembangan Investasi dan Sumberdaya Pariwisata ;
      2. pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di bidang Pengembangan Investasi dan Sumberdaya Pariwisata ;
      3. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang Pengembangan Investasi dan Sumberdaya Pariwisata ; dan
      4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

      1. merencanakan kegiatan Pengembangan Investasi dan Sumberdaya Pariwisata sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
      2. membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
      3. menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      4. memeriksa hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      5. mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      6. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Pengembangan Investasi dan Sumberdaya Pariwisata dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
      7. menyiapkan bahan perumusan kebijakan di bidang Pengembangan Investasi dan Sumberdaya Pariwisata.;
      8. melaksanakan kebijakan di bidang Pengembangan Investasi dan Sumberdaya Pariwisata ;
      9. menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis, serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan Seksi Pengembangan Investasi dan SumberdayaPariwisata sebagai pedoman dan landasan kerja;
      10. mencari, mengumpulkan, menghimpun dan mengestimasikan, mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan tugas Seksi Pengembangan Investasi dan Sumberdaya Pariwisata ;
      11. fasilitasi dan dukungan Pengembangan Investasi dan SumberdayaPariwisata;
      12. menyiapkan bahan pembinaan perencanaan, penelitian, pengembangan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang Pengembangan Investasi dan SumberdayaPariwisata ;
      13. mengembangkan sumber daya manusia kepariwisataan;
      14. meningkatkan kemitraan penelitian dan pengkajian pengembangan obyek wisata dan sarana wisata;
      15. melakukan upaya-upaya dalam rangka terciptanya sistem dan iklim usaha jasa pariwisata yang sehat;
      16. meningkatkaan profesionalisme dan daya saing SDM ;
      17. melakukan pendataan, pemantauan dan pengawasan terhadap pemandu wisata dan tenaga kerja kepariwisataan;
      18. melakukan pembinaan dan peningkatan profesionalisme kelompok sadar wisata;
      19. melakukan tugas kedinasan lain yang di perintahkan oleh atasan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

    Dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di seksi Kemitraan dan Kelembagaan Pariwisata ;

      1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Kemitraan dan Kelembagaan Pariwisata ;
      2. pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di bidang Kemitraan dan Kelembagaan Pariwisata ;
      3. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang Kemitraan dan Kelembagaan Pariwisata; dan
      4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

      1. merencanakan kegiatan Seksi Kemitraan dan Kelembagaan Pariwisata sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
      2. membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
      3. menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      4. memeriksa hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      5. mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      6. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Kemitraan dan Kelembagaan Pariwisata dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
      7. menyiapkan bahan perumusan kebijakan di bidang Kemitraan dan Kelembagaan Pariwisata;
      8. melaksanakan kebijakan di bidang Kemitraan dan Kelembagaan Pariwisata ;
      9. meningkatkankemitraan penyelenggaraan pelatihan tenaga kerja kepariwisataan;
      10. peningkatan kemitraan pengembangan produk dan jasa pariwisata ;
      11. pembentukan lembaga keperiwisataan daerah ;
      12. melakukan tugas kedinasan lain yang di perintahkan oleh atasan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

  • BIDANG PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF

    Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif dipimpin oleh seorang Kepala Bidang, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan perumusan kebijakan teknis, memberikan dukungan atas penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di bidangPengembangan Ekonomi Kreatifberdasarkan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas.

      1. perumusan kebijakan teknis, pemberian dukungan, pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang pengolahan Pengembangan Ekonomi Kreatif ;
      2. perumusan kebijakan teknis, pemberian dukungan, pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang layanan Pengembangan Ekonomi Kreatif ;
      3. perumusan kebijakan teknis, pemberian dukungan, pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang pengembangan Pengembangan Ekonomi Kreatif ;
      4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

      1. merencanakan operasional kegiatan tahunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
      2. membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
      3. memberi petunjuk kepada bawahan terkait perumusan kebijakan, operasionalisasi dan pelaporannya;
      4. menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Bidang;
      5. mengatur pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Bidang;
      6. mengkoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan dalam lingkup Bidang;
      7. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatifdan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
      8. pelaksanaan kebijakan di bidang ekonomi kreatif berbasis media, desain, iptek, seni, budaya dan pengembangan serta fasilitasi sumber daya alam dan manusia;
      9. penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang ekonomi kreatif berbasis media, desain, iptek, seni, budaya dan pengembangan serta fasilitasi sumber daya alam dan manusia;
      10. pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang ekonomi kreatif berbasis media, desain, iptek, seni, budaya dan pengembangan serta fasilitasi sumber daya alam dan manusia;
      11. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan atasan baik lisan maupun tertulis sesuai dengan bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

    SEKSI PENGEMBANGAN PRODUK DAN USAHA EKONOMI KREATIFSEKSI PEMBINAAN INDUSTRI KREATIF BERBASIS SENI,BUDAYA LOKAL,MEDIA DESIGN DAN IPTEK
    Dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di seksiPengembangan produk dan Usaha Ekonomi Kreatif

      1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Pengembangan produk dan Usaha Ekonomi Kreatif ;
      2. pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di bidang Pengembangan produk dan Usaha Ekonomi Kreatif ;
      3. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang Pengembangan produk dan Usaha Ekonomi Kreatif ; dan
      4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

      1. merencanakan kegiatan Pengembangan produk dan Usaha Ekonomi Kreatif sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
      2. membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
      3. menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      4. memeriksa hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      5. mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      6. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Pengembangan produk dan Usaha Ekonomi Kreatif dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
      7. menyiapkan bahan perumusan kebijakan di bidang Pengembangan produk dan Usaha Ekonomi Kreatif;
      8. melaksanakan kebijakan di bidang Pengembangan produk dan Usaha Ekonomi Kreatif ;
      9. melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dan pusat, kabupaten/kota, pelaku-pelaku seni dan stakeholder dalam perumusan standar, norma, kriteria, prosedur dibidang pengembangan Produk dan usaha ekonomi kreatif ;
      10. melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait baik pusat maupun daerah untuk pengembangan produk dan usaha ekonomi kreatif dibidang perfilman, seni rupa, seni pertunjukan dan industri musik serta merumuskan standar, norma, kriteria, yang berpedoman pada muatan local/budaya lokal daerah serta sumber daya dan teknologi ;
      11. melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait pusat dan daerah dalam rangka pemberian bimbingan teknis di bidang pengembangan produk dan usaha ekonnomi kreatif ;
      12. melakukan tugas kedinasan lain yang di perintahkan oleh atasan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

    Dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di seksiPembinaan Industri Kreatif Berbasis Seni,Budaya Lokal,Media Design dan Iptek

      1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Pembinaan Industri Kreatif Berbasis Seni,Budaya Lokal,Media Design dan Iptek ;
      2. pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di bidang Pembinaan Industri Kreatif Berbasis Seni,Budaya Lokal,Media Design dan Iptek ;
      3. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang Pembinaan Industri Kreatif Berbasis Seni,Budaya Lokal,Media Design dan Iptek ; dan
      4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

      1. merencanakan kegiatan Pembinaan Industri Kreatif Berbasis Seni,Budaya Lokal,Media Design dan Iptek sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
      2. membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
      3. menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      4. memeriksa hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      5. mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Seksi;
      6. menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Seksi Pembinaan Industri Kreatif Berbasis Seni,Budaya Lokal,Media Design dan Iptek dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
      7. menyiapkan bahan perumusan kebijakan di bidang Pembinaan Industri Kreatif Berbasis Seni,Budaya Lokal,Media Design dan Iptek ;
      8. melaksanakan kebijakan di bidang Pembinaan Industri Kreatif Berbasis Seni,Budaya Lokal,Media Design dan Iptek ;
      9. melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dan pusat, kabupaten/kota, pelaku-pelaku seni dan stakeholder dalam perumusan standar, norma, kriteria, prosedur dibidang perfilman, seni rupa, seni pertunjukan dan industri musik;
      10. melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dengan pusat dan lembaga perfilman, seni rupa, seni pertunjukan dan industri musik serta merumuskan standar, norma, kriteria, prosedur di bidang produksi film yang beroedoman pada muatan lokal daerah serta sumber daya dan teknologi ;
      11. melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait pusat dan daerah dalam rangka pemberian bimbingan teknis di bidang Pembinindutri kreatif berbasis budaya lokal,media design dan aan iptek ;
      12. melakukan tugas kedinasan lain yang di perintahkan oleh atasan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;